Kamis, 17 Oktober 2013

Pagi semuanya, ane kembali lagi. Oh ya, sebelumnya ane mau ngasih tau sesuatu, kalau mungkin ini adalah postingan terakhir ane (ga juga sih), maksudnya ane mau pamitan dulu karena besok ane harus udah masuk sekolah #jangankangen -_- . Ane juga harus udah mulai belajar seperti biasa, karena ane punya cita-cita yang tinggi, jadi maaf banget ya, sementara ane harus ngilang dulu alias kaga ngisi blog ini dulu. Tapi insya Allah kok, kalau ane ada waktu luang (misalnya pas libur) ane bakalan nge-blog lagi deh. Oke deh, sekarang kita langsung aja bahas tentang "Tiga Ciri Orang Ikhlas", silakan disimak....

Semuanya pada tau, apa itu ikhlas ga? Atau jangan-jangan masih pada kaga tau? Kalau belum tau, ikhlas itu punya makna bersih dari kotoran kotoran ayam. Sedangkan menurut istilah, ikhlas adalah mengharap ridho Allah dalam beramal.

Seseorang yang ikhlas itu ibarat orang yang lagi ngebersihin beras dari batu-batu kecil (tau ga batu kecil yang suka ada diberas? Syukur kalau tau -_-). Maka beras yang dimasak bakalan enak dimakan. Tapi kalo beras itu masih kotor, pas nasi dimakan, batu-batunya bakalan kegigit. Maksudnya, orang yang melakukan segala sesuatu dengan ikhlas, hasilnya juga bakalan bagus dan engga bakalan bikin cape. Sebaliknya, kalau sesuatu dikerjain dengan tidak ikhlas, hasilnya juga bakalan bikin kecewa deh, dijamin :p

Ikhlas ga kalau misalnya, ente disuruh ortu buat beli kebutuhan dapur, tapi ente minta imbalan? Ya ente bisa menilai sendiri lah. Hati-hati loh, karena itu juga termasuk "kaga ikhlas", misalnya juga ente menentukan tarif "Jauh dekat: 2000 rupiah" (emangnya angkot?)

Heh, malahan ane tertarik buat ngajak ente visit kesini.

Seperti biasa, hanya segitu tulisan yang ane buat, maaf kalau ada kesalahan. Semoga bermanfaat, amin :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :)

Rabu, 16 Oktober 2013

Bismillahirahmanirrahim,

Hehihei semua, ketemu lagi sama ane disini. Ane bawa kabar buruk ga terlalu buruk juga sih, lusa nanti, tepatnya hari Sabtu ane  harus masuk sekolah dan ane bakalan ninggalin para visitor sekalian buat sementara #plissjansedih -_- . Tapi besok ane masih bisa nge-blog juga sih karena emang besok hari terakhir ane buat nge-blog. Tanpa banyak basa basi lagi, ane bakalan langsung ngebahas tentang "Patuh kepada Orangtua", monggo disimak....

Birrul Walidain atau berbakti pada orangtua adalah hal yang diperintahkan oleh agama. Berbakti pada orangtua bukan sekedar untuk memenuhi norma kesopanan dan norma susila, tetapi juga memenuhi norma agama.

Kedudukan berbakti pada orangtua:

  1. Lebih utama dari jihad fi sabilillah
  2. Pintu surga
  3. Ridho Allah sejalan dengan Ridho orangtua
  4. Durhaka pada orangtua adalah dosa besar
  5. Lalai dari birrul walidain , mendapat laknat Allah
Tau ga? Di antara ibu dan ayah, berbakti pada ibu memiliki keutamaan. "Ibumu, ibumu, ibumu, ayahmu"

Bentuk-bentuk berbakti pada orangtua:
  1. Taat dan patuh
  2. Bertutur kata yang baik
  3. Tawadhu
Tulisan ini ane rangkum dari sini. Para visitor sekalian bisa mengunjunginya, maaf kalo ada kekurangan ya dan semoga tulisan ini bermanfaat, amin :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :)

Sore semuanya, ane kembali lagi  di depan layar kaca anda #plissjanganbosen. Huh, sore-sore begini enaknya nyantei ya... Tapi ane engga, ane akan berusaha menemani sore kalian dengan memberikan informasi yang dibilang penting juga engga sih penting. Kali ini ane akan membahas tentang "Kejahatan Dunia Maya", atau yang kita kenal dengan sebutan 'cybercrime'. Langsung aja disimak ya....

Cyebercrime punya beberapa jenisnya juga, berikut adalah beberapa jenis cybercrime:

  1. Carding belanja pake nomor dan identitas kartu kredit orang lain dengan cara ilegal (misalnya mencuri)
  2. Hacking adalah kegiatan menerobos program komputer milik oranglain. Hacker adalah orang yang demen banget ngoprek/ngutak-atik komputer dan terobsesi mengamati keamanannya.
  3. Defacing adalah mengubah website oranglain, ane juga kagak tau persisnya gimana, tapi coba deh ente browsing dulu.
  4. Cracking adalah hacking untuk tujuan jahat, ini mah ente juga pada tau lah gimana kejahatan yang dilakkukannya.
  5. Phising adalah kegiatan memancing user untuk memberitahukan username dan passwordnya pada suatu website yang sudah di-deface. Phising ini biasanya diarahkan ke pengguna online banking.
  6. Malware adalah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software, malware diciptakan untuk membobol operating system. Malware juga terdiri dari berbagai macam: virus, worm, adware, dll.
Ya, untuk yang lebih lanjutnya, ente bisa baca disini.

Ane cuma bisa nulis segitu, karena kemampuan ane cuma segitu -_- wkwkwkwk :D . Semoga bermanfaat ya, amin :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :)

Selasa, 15 Oktober 2013

Bismillahirahmanirrahim,

Pagi semuanya, ketemu saya lagi nih, okeoke jangan pada bosen yak :D . Tanpa banyak basa-basi lagi, saya akan membahas tentang "JUJUR". Apa itu jujur? Jujur kacang ijo. Okesip, bagi yang belum tahu, monggo disimak ya....

Jujur, kalau kita denger kata itu, bisa kita artikan sebagai akhlak mahmudah(akhlak terpuji), suatu budi pekerti yang baik juga. Jujur itu gampang aja dikata, tapi susah buat dikerjakan. Ya, pasti manusia di dunia ini gak ada yang sempurnalah, semuanya juga pasti sulit untuk konsisten dengan kejujuran. Kejujuran itu sederhana, tapi sekarang-sekarang ini langka sekali, apa maksudnya langka? Maksudnya, banyak orang yang sulit sekali untuk mengamalkan kejujuran.

Ini cerita saya, saya juga pernah berbuat tidak jujur (bohong). Waktu itu pas saya kelas 3 SD, saya pernah mencontek. Pada hari itu saya lupa, ada ulangan IPA. Karena saya tidak menghapal sebelumnya, soal yang saya kerjakan amatlah susah, susaaaaahhhh sekali. Tanpa berpikir panjang, saya mencontek pada buku catatan. Ada beberapa soal yang saya kerjakan dari hasil mencontek. Semua soal telah saya kerjakan, namun saya tidak tenang, tak tahu kenapa mungkin karena saya membohongi diri sendiri kalee ya? Ah sudahlah kita lanjut saja ceritanya, keesokan harinya, hasil ulanngan dibagikan, dan alhamdulillah nilai ulangan  saya (hasil mencontek) 90. Saya tak gembira, padahal teman saya yang nilainya 80 saja bangga, kenapa? Karena terlihat perbedaannya, teman saya bangga dengan nilainya karena dia mengerjakan soal ulangan dengan jujur dan hasilnya itu murni, sementara saya, yang mengerjakan soal ulangan dengan mencontek tidak bangga, karena saya tidak berfikir pas ngerjain soal ulangannya, karena saya nyontek. Sejak itu saya sadar, perbuatan itu tak pantas untuk saya lakukan lagi.

Para visitor sekalian bisa pergi kesini, untuk penjelasan yang lebih lengkapnya lagi.

Terimakasih atas kunjungannya, maaf apabila ada salah-salah kata atau adanya kekurangan, karena saya juga masih belajar, kalian bisa koreksi apa kesalahan yang ada di tulisan saya ini, mudah-mudahan bermanfaat ya, amin :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :)

Senin, 14 Oktober 2013

Bismillahirahmanirrahim,

Ane balik lagi nih, jangan pada bosen ya, kali ini ane tertarik buat mengupas sebuah hadits yang ada di kitab bulughul maram ane. Hadits ini membahas tentang "Bersyukur Pada Allah" tapi, judulnya ane tulis pake bahasa Inggris biar para visitor sekalian tertarik, hahahaha :D . Oke langsung aja kita bahas....

Bunyi hadits yang akan ane bahas itu "Unduru ilaa man huwa asfala minkum, walaa tandzuru ilaa man huwa fauqokum, fahuwa tazdaruu an laa tazdaru, ni'matallahi 'alaikum" ya kurang lebih seperti itulah bunyinya #maafkalausalah yang artinya "Lihatlah orang yang ada di bawahmu, dan janganlah melihat orang yang berada diatasmu, karena hal itu lebih patut, agar kamu sekalian tidak menganggap rendah nikmat yang telah Allah berikan kepadamu". Subhanallah, ane suka banget nih sama hadits yang satu ini, kenapa? Karena hadits ini pendek sehingga mudah dihapal hadits ini sangat memotivasi ane, supaya ane kagak nganggap trendah nikmat dari Allah, dan kalau ane liat orang yang ada di atas ane, ane bakalan ngerasa ane itu gak ada apa-apanya dibandingkan mereka (orang yang lebih daripada ane), sedangkan kalau ane liat orang yang ada dibawah ane, ane ngerasa paling hebat, tapi sebenernya ngerasa paling hebat juga salah sih. Jadi, gimana dong yang bener?

Pertama: ente harus liat orang yang berada di bawah ente, maksudnya, kita harus liat orang yang kurang gitulah, kurang ilmunya, kurang hartanya, dll. dengan tujuan ente ngerti kalau masih banyak orang yang serba kekurangan, jadi hal itu bikin ente bersyukur atas nikmat Allah. Kedua: ente jangan liat orang yang ada di atas ente, maksudnya jangan liat orang yang lebih hebat dari ente dari segi harta duniawi, karena hal itu bakalan bikin ente kaga bersyukur atas nikmat Allah.

"Sesekali kamu boleh lihat orang yang lebih darimu" Maksudnya? Maksudnya, SESEKALI ente boleh liat orang yang lebih hebat dari ente dari segi ilmu akhiratnya. Misalnya, ente boleh liat temen yang ngajinya jago, fasih pula. Nah, hal itu harus jadi motivasi buat ente supaya ente juga mau belajar supaya ngajinya fasih.

Kayanya cuma itu aja yang bisa ane sampein, karena ane juga masih belajar jadi masih banyak kekurangan yang pada diri ane, dan semoga tulisan ane ini bermanfaat ya, amin :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :)

Bismillahirahmanirrahim,

Ketemu lagi dah sama ane. Masih di suasana Idul Adha yang menurut ane kurang rame sih, karena emang ane kaga ikut ngumpul-ngumpul bareng keluarga, ane di rumah sendirian (forever alone) #yaelahcurhat -_- . Hmm, walaupun ane agak ngantuk, tapi ane sempetin aja buat nulis di blog dan sharing ke kalian. Sebelumnya, ane mau tanya, apakah salah satu di antara kalian ada yang nyate (bakar sate)? Kalau ada, tolong paketkan satenya pada ane, karena ane very very hungry #tinggalmakanajakokrepot -_-. Oke, sekarang ane mau bahas tentang "Idul Adha dan Qurban", monggo disimak....

Pada tau, apa itu idul adha? Wah jangan-jangan pada kagak tau lagi. Jadi indul adha itu motong sapi, terus disate memotong hewan kurban dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah (beribadah). Nah udah jelas kan? Nah, sekarang ane maungasih tau, gimana asal mulanya kurban.

Mulanya kurban itu, dikisahkan dalam kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Jadi, pada suatu malam Nabi Ibrahim bermimpi, bahwa Allah menyuruhnya untuk menyembelih anaknya (Nabi Ismail), dengan sedih Nabi Ibrahim memberitempe memberitahu kepada anaknya tentang mimpinya. Nabi Ismail malah menyetujuinya, ia rela disembelih jika itu memang perintah Allah. Dan ketika Nabi Ibrahim hendak menyembelih anaknya, Allah menggantikannya dengan seekor kambing, ga jadi deh Nabi Ismail disembelihnya. Subhanallah :') . Nah sejak saat itu, mulailah ada ibadah Qurban. Kalau belum jelas, ente pada bisa mampir kesini.

Sekian penjelasan dari ane, maaf kalo ada salah-salah, karena ane bukanlah blogger yang handal. Dan mudah-mudahan artikel ini bermanfaat ya, amin :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :)

Bismillahirahmanirrahim,

Malem semua, ane disini mau ngasih tau info penting, bagi ente pada yang suka nge-blog, tapi suka copast. Banyak dampak negatif nya loh #soserius -_- . Emang sih dulu ane juga suka copast, alias copy paste, tapi sekarang ane tersadar, perbuatan itu banyak banget dampak negatifnya dampak negatif pada kesehatan. Nih ane kasih tau dampak negatifnya:

1. Ditolak Google AdSense
Bagi ente yang berbisnis lewat blog, ente yang berminat, bisa daftar di Google AdSense, tapi ane gak akan bahas tentang itu. Jadi kalau ente mau daftar ke Google AdSense, tapi postingan di blog ente semuanya copast, google bakalan nolak dan gak akan nerima pendaftaran ente. Google itu benci sama yang namanya copast (yaiyalah, ane aja kaga suka -,-).

2. Buruk di Mata SE(Search Engine)
Buruk dimata SE karena blog yang postingannya isinya jiplakan dari blog lain, balakan dianggap spam, dan rawan banget kena banned dan akhirnya, di hapus deh blognya sama mbah google.

Ya jadi hanya itu yang ane tau, itu juga ane dapat info dari sini. Bukan berarti ane copast ya, silakan aja ente kunjungi. Jadi saran dari ane, nyari-nyari info sih boleh aja, asal jangan sampe copast, ente baca dulu dah apa yang akan ente posting, terus kembangkan pake bahasa sendiri. Insya Allah, ente bakal jadi blogger handal :p hahahaha :D

Sekian info dari ane, mohon maaf apabila ada salah-salah kata, atau bahkan ada kekurangan. Semoga bermanfaat, amin :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :)

Minggu, 13 Oktober 2013

Bismillahirahmanirrahim,

Pagi para fans ane yang sudah menunggu ane muncul di depan layar kaca ente semua :) (ditimpukin tomat busuk). Di pagi hari yang cerah ini ane bakalan ngasih informasi tentang "Baya Makanan Berformalin", mungkin untuk beberapa orang hal ini sangat penting, karena setiap harinya kita tak terlepas dari satu hal, yaitu JAJAN. Makannya kita langsung aja baca bareng-bareng, yuuukkksss....

Tau formalin kagak? Wah jangan-jangan ente kagak tau formalin itu apa. Jadi, formalin adalah cairan yang engga berwarna yang digunakan sebagai desinfektan, pembasmi serangga, dan pengawet yang digunakan dalam industri tekstil. Asal ente tau ya, formalin ini baunya nyengat bingitsss #alay, mudah larut dalam air maupun alkohol pula. Di bawah ini adalah pengaruh formalin terhadap kesehatan;

  1. Kalo terhirup bakalan nyebabin rasa kebakar pada hidung dan juga tenggorokan, susah nafas, nafas pendek, sakit kepala luar biasa, dan final nya nih, dapat menyebabkan kanker paru-paru, hih serem kannn?
  2. Kalo cairan formalin kena kulit, kulit bakalan merah, gatal, terus terasa kebakar.
  3. Kalo kena mata, mata bakalan merah, pandangan kabur, dan sudah lah akhirnya menyebabkan kebutaan.
  4. Kalo ketelen, parah banget efeknya, bisa jadi diare, kulit membiru, kejang-kejang, koma, terus deh menyebabkan kematian.
Oh iya, tau gak? Formalin juga merusak pusat saraf, kondisi kronis bakalan tampak setelah bahan ini sering banget masuk kedalam tubuh, gejalanya iritasi parah, mata berair, gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan ginjal, gangguan pankreas, gangguan sistem saraf pusat, dan dapat memicu kanker.

Ya sudahlah, karena pengetahuan ane terbatas, hanya itu saja yang bisa ane sampaikan, untuk yang lebih jelasnya lagi ente semua bisa browsing aja, maaf kalau ada salah-salah kata atau adanya kekurangan, karena sesungguhnya ane bukanlah manusia yang sempurna. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi ente semua, amin :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :)

Sabtu, 12 Oktober 2013

Bismillahirahmanirrahim,

Hei fans(?) ane balik lagi nih, sekarang ini ane ga perlu banyak basa-basi lagi, karena ane lagi pengen baso(?). Ya udah ngapa bercandanya -_- hehehe :D , mengenai hari libur, ane syukur Alhamdulillah bingitsss #alay. Sekarang ane mau cerita tentang libur dan siaran MotoGP yang ane tunggu-tunggu :D

Fix! Ane bakalan libur seminggu, kebayang dah, bangun>sholat subuh>tidur lagi. Ya itu memang tradisi yang tidak dapat terpisahkan dari ane, dan apalagi yang paling menyenanngkan adalah hari ini ada siaran MotoGP!! Horeeeee, udah beberapa pekan ane kagak nonton MotoGP karena channel TV yang nyiarinnya kagak ada di TV ane. Itu adalah saat-saat yang sangat ane benci! Huh, waktu itu, ane cuma sirik sama yang nge-twit tentang MotoGP, mereka yang update itu pada nonton, nah sementara ane? Huuhhuu very very bete!

Dan tinggal beberapa jam lagi siaran MotoGP dimulai ya tepatnya satu jam lebihan lah, tapi sebelumnya bakalan ada kelas Moto2 dulu. Emh, bukannya ane gak suka sama Moto2, tapi ane kurang suka aja. Btw, ane nanti mau dukung Valentino Rossi, walaupun sebenernya ane itu lebih nge-fans sama Marc Marquez, hohoho. Tapi ane juga bakalan support abang ane (abang darimana) yaitu abang Jorge :D . Ane berharap aja semoga Marc, Vale, sama abang Jorge naek podium. Sssstt, tapi katanya Marc kena 1 poin penalty #maafkalausalah karena ada insiden sama Pedrosa, ane juga kagak tau kaejadian persisnya gimana karena ane kagak nonton, dan emang masalah ini juga udah kelar, mungkin karena ane kudet, dan sebenarnya juga ane mau ngepost cerita tentang MotoGP di blog beberapa waktu lalu, tapi apa daya, UTS merenggut terlebih dahulu. Jadi, ane harus fokus sama UTS. Ya sudahlah, yang lalu biarkan berlalu. Tapi asli nih ane udah kagak sabar buat nonton MotoGP!!

Segitu aja cerita dari ane, ini bukan mengenai ceramahan, tapi ane hanya mau nge-share cerita ane. Ane mau prepare buat nonton MotoGP dulu ah. Insya Allah besok ane balik lagi.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :)
#tutuplaptop

Bismillahirrahmanirrahim,

Hei semua! Ketemu lagi nih sama ane #janganboseneaaa :D . Ya walaupun ane tau di antara salah satu dari ente pada, bosen tiap hari ketemu sama ane, tapi gak akan tiap hari juga sih, cume emang pas minggu ini ane lagi libur sekolah aje :p . Ya sudah lah ane gak akan kebanyakan gaya lagi, jadi sekarang ane mau ngebahas tentang "Hidup Sederhana", tau kan gimana itu hidup sederhana? Untuk lebih jelasnya, ikuti aku, capcusss...

Pernah gak ente liat ada orang yang tinggalnya suka pindah-pindah, tingggal di gubuk reyot sepanjang rel kereta api?

Sebaliknya juga, ente pasti sering liat orang kaya, tapi dia kikir dan malahan nimbun hartanya entah untuk apa.

Tapi apakah hal itu dikatakan hidup sederhana? SALAH! Yang satu hidupnya miskin dan yang satunya lagi menerapkan pola hidup kikir! Tapi ente tau gak apa itu hidup sederhana? Coba pikirin dulu dah!

Jadi hidup sederhana itu, hidup bersahaja, tidak berlebih-lebbihan dalam hal apapun, rendah  hati, berjiwa sosial dan engga sombong.

Apakah ente-ente semua udah ngerasa hidup sederhana? Kalau ente udah ngerasa hidup sederhana, berarti ada manfaat yang ente semua rasakan, misalnya:

  • Terhindar dari hidup boros
  • Menghilangkan kesenjangan sosial
  • Kita juga bisa nyesuain pendapatan dengan kemampuan kita.
Nih ya, Khalifah Umar bin Khattab aja saking sederhananya, jubahnya ditambal sampe 12 tambalan. Apakah kita gak sadar? Seorang pemimpin aja bisa se-sederhana itu, masa kita engga bisa? Aneh kan! Maka dari itu kita semua harus membiasakan pola hidup sederhana.

Apakah ente semua juga pernah makan-makan di restoran mahal, ataupun sekali pesen makanan bisa sampe beratus-ratus ribu? Ya, ane rasa ente semua pernah. Pernah ngebandingin ga, gimana rasanya makan di restoran yang enak dan bersih dibandingkan makan mie ayam di pinggir jalan? Pasti beda jauh lah, kalau makan di restoran itu lebih memadai, misalnya tempatnya bersih, tempatnya sejuk karena ada AC nya, sedangkan di pinggir jalan? Ya, itulah pasti ente bisa rasakan sendiri. Bukannya makan di restoran itu ga boleh. Makan di restoran dih boleh-boleh aja, tapi jangan terlalu keseringan. Terus juga tentang barang-barang yang sebenernya gak terlalu penting, tapi tetep aja kita beli, nah itu juga termasuk pola hidup boros.

Ane kasih tips buat hidup sederhana:

  1. Beli barang yang sekiranya dibutuhkan, hindari pembelian barang-barang yang tidak terlalu dipentingkan. Meskipun ente punya banyak uang, so tetep aja harus hemat.
  2. Biasakan diri untuk menabung, hal ini amat  penting kalau sewaktu-waktu keadaa emergency, ente bisa ngegunain uang tabungan.
  3. SEDEKAH, hal ini penting banget, malahan banget banget, karena sebersar apapun uang yang kita keluarkan untuk sedekah, pasti Allah bakal nge ganjar nya dengan berlipat-lipat ganda. So, ente semua jangan takut uang ente habis karena sedekah. Toh ente misalkan tiap hari jajan itu 10.000, tapi kan sedekah itu se-ikhlasnya, bisa 1 perak juga.
Sekian dulu ceramahan dari ane, mudah-mudahan bermanfaat, amiiin. Maaf kalau typo atau ada kata-kata yang kurang baik karena sesungguhnya ane buukanlah manusia yang sempurna :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh :)

Jumat, 11 Oktober 2013

Bismillahirahmanirrahim,

Heihei, ane kembali lagi nih. Setelah ane nulis artikel "Musimnya Menghina", sekarang ane akan membahas tentang "Membagi Waktu", mau tau gimana cara membagi waktu versi ane? Ayo baca inih!

1. Jadiin waktu belajar di kelas adalah waktu yang paling baik buat belajar,

Lebih baik nyiapin materi sebelum sebelum pelajaran dimulai, jadi pas guru nerangin materi baru, kita ga terlalu bengong. Nah, kalau ada yang belum dimengerti, lebih baik tanyakan pada guru. Kita harus fokus pas guru lagi nerangin. Pas pulang sekolahnya, ulang lagi pelajaran yang udah diterangin sama guru di kelas, hal ini punya tujuan, yaitu menghindari belajar sistem kebut semalam pas mau ulangan.

2. Buat daftar harian/ agenda,

Jika ente semua mau, ente semua bisa bikin agenda kegiatan, misalnya ente semua nulis kegiatan dari bangun tidur sampe tidur lagi. Ane saranin supaya kurangi waktu bermain atau nyantei-nyantei kagak penting. Hal ini bukan berarti gak ada waktu buat nyantei, tapi "kurangi" aja. Nyantei sih boleh, cuma jangan kelamaan, yang ada malahan waktu terbuang percuma.

3. Disiplin pada agenda yang ente buat,

Jangan mentang-mentang ente yang buat agenda dan agenda itu bisa ente langgar seenaknya, tapi ente harus coba disiplin lah, intropeksi diri gituh. Okeoke? :D

4. Janganlah ente nunda-nunda pekerjaan kalo ada waktu kosong, dan jangan juga ente berfikir pekerjaan/tugas itu selesai dalam waktu yang singkat.

5. Gunain waktu senggang/kosong dengan sebaik mungkin,

Misalnya ente munya eaktu senggang, pergunain waktu itu buat hal-hal yang bermanfaat, mislanya baca buku atau apaaa gitu, jangan maen game, nonton tv, atau bahkan molor terus.

Pernah ga, ente ngedenger istilah "TIME IS MONEY"? Pasti sering kan? Itu artinya Waktu sama berharganya kaya duit. Dan dalam surat Al-Asr ayat 1-3,

"Demi waktu, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan dan mengerjakan amal sholeh dan berpesan-pesan dalam kebenaran dan berpesan-pesan dalam kesabaran."

Jadi, waktu itu tak kalah pentingnya dengan uang, maka gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya!

Sekian cermahan dari ane, mangap *eh* maaf apabila ada kekurangan, dan semoga bermanfaat bagi ente-ente semua. Amiiin :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :)

Bismillahirahmanirrahim,

Halo pemirsah?!! Kembali lagi bersama ane disinih! Jadi gini pemirsah, ane bakalan libur sekolah seminggu! Yeay! Jadi para fans ane #apaansih kagak usah khawatir, Insya Allah ane bakalan stand by seminggu penuh. Pagi ini ane bakal ngebahas tentang "Musimnya Menghina", tau menghina kan? Ya udah kalau tau, syukur alhamdulillah. Kalau belum tau, baca nih!

Tau gak sih? Allah SWT. amat membenci orang yang suka menghina.

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita lain (karena) boleh jadi wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik daripada wanita (yang mengolok-olokkan) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman, dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." (Q.S. Al-Hujurat [9]: 11)

Masa sih, Allah SWT. aja melarang kita buat menghina, tapi malahan kita suka malahan sering ngehina. Kalau kita doyang banget ngehina dan nggak buru-buru bertaubat, berarti kita termasuk orang yang zalim.

Oh ya, nih sebagai contoh, pas jaman ane kelas 5,6 an, lagi musim-musimnya ngehina pake nama orang tua. Malahan ane juga pernah jadi korban penghinaan, mau tau kagak rasanya gimana? Ya lah pertanyaan ini gak usah dijawab juga, pas ente semua pada tau, rasanya dihina itu gak enak banget, kesel malahan. Gak jarang juga banyak temen-temen ane yang berantem gara-gara saling hina. Yang menghina nyebelin banget, yang dihina gak bisa terima. Jadi deh perang dunia, wkwkwkwk :D

Ya mungkin, ane pertegas aja, kalau kita mau ngehina orang lain sebaiknya kita ngaca dulu deh, apakah kita lebih baik daripada orang yang kita hina, atau malah sebaliknya? Terus, buat para pemirsah yang suka dihina, abaikan aja mereka yang suka menghina ente, anggap aja mereka gak ada, toh kalau diladeni juga kan malah kita cape sendiri.

Segituh sajah ceramahan dari ane, mudah-mudahan bermanfaat, amin.... :D

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

Kamis, 10 Oktober 2013

Bismillahirahmanirrahim,

Hei! Seperti janji ane, ane akan balik lagi dan bikin artikel. Ya! Sekarang ini ane mau ngebahas tentang Penyakit hati. Seperti yang kita tahu, penyakit hati itu di antaranya, sombong, dengki, dan iri. Nah, ane mau ngebahas tentang iri dan dengki aja.

Udah jelas banget, Allah SWT. ngelarang kita buat iri ke orang lain yang dapat rezeki sesuai sama usaha mereka dan Allah SWT. menghendakinya.

Surat An-Nisa aya 32,

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [An Nisaa’ 32]

Yap, iri juga hanya boleh dilakukan dalam dua hal, yaitu dalam ilmu dan bersedekah.

Tau gak? Sebenernya iri sama dengki itu beda, DENGKI ITU LEBIH PARAH DARIPADA IRI. Orang yang dengki itu, ngerasa susah kalau lihat orang lain seneng, dan dia (orang yang dengki) ngerasa seneng kalau ngeliat orang lain susah. Gak jarang juga orang yang dengki berusaha nyelakain orang yang dia dengki baik secara lisan ataupun perbuatan.

Dalam surat Al-Falaq ayat 5, Allah SWT. juga nyuruh kita buat berlindung dari pendengki. Oh ya, kita juga harus waspada, sebab hasud itu mengikis pahala-pahala, sebagaimana api memakan kayu. Serem kan? Makannya spadalah *eh* waspadalah! Jauhi tuh yang namanya iri dan dengki!
  
Ya sudah, seperti biasa, ane akan mengakhiri ceramah ini dengan kata "Alhamdulillah". Semoga bermanfaat yaaa, amiin :D


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

Bismillahirahmanirrahim,

Halo pemirsah? Kembali lagi bersama ane disinih :D . Haduh nih perut kagak bisa diajak kompromi, mungkin gara-gara nge-ramen (makan ramen) kemaren ya? Ah ya sudah lah. Emang sih baru tadi pagi efek ramen nya terasa, yaitu ane udah bolak balik ke WC lebih dari 3 kali. Ya jadi gini ceritanya,

Kan kemaren hari terakhir UTS (ulangan tengah semester), jadi ane dan teman-teman memutuskan untuk nge-ramen. Tau lah gimana hebohnya itu teman-teman ane. Nah, sesampainya di tempat ramen, ane dan teman-teman pesan kare, ada yang pesan level 2, level 1, ada juga yang pesan level 5. Mau tau kagak siapa yang pesan ramen level 5? Mau tau? Mau tau? Bener, mau tau? Ya! Yang pesan kare level 5 itu ane dan satu orang temen ane.

Setelah pesanan ane dkk. datang, ane langsung melahap kare yang ada di depan ane, dengan sombongnya ane bilang kare nya nggak pedes.Padahal teman-teman ane bilang, kare level 1 aja udah pedes. Tapi ane bilang kare level 5 itu nggak pedes dan kurang menantang.

Nah, keesokan harinya, ya tepat hari ini ane merasakan sakit perut yang luar biasa, terpaksa ane harus berurusan dengan kotak P3K, ngambil DIAPET. Hah, mungkin itu pelajaran bagi ane untuk tidak sok-sok an. Ya sudahlah ini memang nasib ane -_-

Yah pemirsah, ane harus undur diri dari hadapan Anda, karena setelah ini Insya Allah ane mau nulis artikel lagi.

To be continue eaaaaa #alay :D

Bismillahirahmanirrahim,

Hei hei ente semua?!! Kembali lagi bersama ane disini! Setelah ane nulis artikel yang judulnya "Ngebahas "Riya" " ente semua mau denger ane ceramah lagi kagak? :v kagak mau mau!!! Yaudah? Mau? Ciyus mau? #alay -_- . Nih, baca!

Sesungguhnya Rasulullah SAW. mengajari ente semua tentang ghibah? Tau ghibah ga? Yang tau baca aja, yang belum tau apalagi. Nih ya, ghibah itu ngomongin kejelekan orang walaupun kejelekan yang ente omongin emang bener adanya, ya pasti kan ente semua pada tau kan? Ya, ada juga orang yang ngomongin kejelekan orang lain, tapi kagak bener tuh kejelakannya (bohong) itu berarti ente pada udah ngelakuin dua kejelakan sekaligus, yaitu ghibah dan buhtan (dosa).

Ya seperti biasa, karena ane punya banyak kekurangan, ya bisa ente baca buat yang lebih jelasnya di http://muslimah.or.id/akhlak-dan-nasehat/rasulullah-shalallahualaihi-wasallam-mengajarimu-arti-ghibah-sesungguhnya.html

Yaudah, segitu ceramahan dari ane, maap aje kalau ada kekurangan. Semoga bermanfaat. Amin :D

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

Bismillahirahmanirrahim,

Halo semua? Udah lama ya ga ketemu sama ane? :D Oh oke, ane ga akan lama-lama basa basinya, karena pertanyaan ini udah basi #banyakgaya. Okeh, sekarang ane mau ngebahas tentang "Riya".

Pada tau ga apa "Riya" itu? Apakah nama orang, nama binatang, atau nama manakan? Ya, semua pertanyaan itu ga bener! Namun, seperti yang kita ketahui, "Riya" itu seperti sifat suka menampilkan siri dalam beramal, ya bisa diartikan sombong gitu lah dan kalau beribadah suka mau dipuji orang. Padahal, hal itu jelas-jelas dilarang dalam agama, betul kan?

Nih, contohnya ya, kan waktu ane kelas satu SD, kalau sebelum pelajaran dimulai itu selalu ngumpulin infaq dulu. Ada satu orang temen ane, yang infaq nya itu gede banget uangnya. Pas dia mau ngumpulin uang infaq, dia bukannya lansung masukin ke dalem kencleng, malahan dia bilang dulu ke guru ane. Ya udah deh semua orang takjub banget sama dia dan dia dipuji habis-habisan sama guru ane #lebaybangetdah -_- . Jelas aja ane kagak suka, sombong banget tuh orang! Pppfffttt :3 . Bel istirahat pun berbunyi "Krrrriiiinnggg....." (ajib, bunyinya keras amat). Semua murid berlarian ke kantin, termasuk ane. Dan yang ane heran kenapa tuh temen ane yang "Riya" kagak jajan? Dia mengampiri ane yang sedang ada di depan kelas, dan dia bilang, "Ya (nama panggilan ane), aku pijam uang dong, uang aku habis tadi dipake infaq". Wut? Kagak salah denger? Karena ane kasian sama dia ane pijemin uang ane. Wadaw, ane kira tuh orang punya uang lebih -_- eh taunya. Ya udah lah mungkin itu pelajaran buat dia, kalau jadi orang tuh jangan "Riya"! Kerasa tuh kaya gimana akibatnya.

Okeokeh, untuk yang lebih jelasnya para viewers, fans, ataupun musuh ane yang lagi baca artikel ini, boleh klik http://buletin.muslim.or.id/ibadah-2/riya-penghapus-amal

Ya, jadi sekian ceramahan #yaelahceramahan -_- dari saya, semoga bermanfaat. Amiin :D

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

Know us

Our Team

Video of the Day

Contact us

Nama

Email *

Pesan *